26/01/2021

Banyak Foto Menarik dalam Lomba Foto Dua Tahun Pembangunan Kotaku

KANIGARAN – Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota (Alm) Mochammad Soufis Subri, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo menyelenggarakan lomba foto dengan tema “Dua Tahun Pembangunan Kotaku”. Lomba ini terbuka bagi warga Kota Probolinggo dengan syarat objek foto di wilayah Kota Probolinggo, baik aktivitas wali kota maupun foto pembangunan di segala bidang.

Masa pengumpulan foto berakhir Senin (25/1) lalu dan dilaksanakan penjurian pada, Selasa (26/1). Dewan juri lomba foto antara lain Agus Sugiantoro dari Diskominfo, fotografer senior Radar Bromo Zainal Arifin dan praktisi fotografer Sandy Haryono. Hingga tahap penjurian terkumpul 37 foto lalu dipilih 3 pemenang yang meraih uang tunai jutaan rupiah.

Pemenang lomba foto akan diumumkan pada hari Jumat (29/1) pagi, sedangkan penyerahan lomba dilaksanakan pada malam harinya, Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Probolinggo.

Salah satu juri, Sandy menyampaikan bahwa dalam kegiatan lomba foto kali ini cukup banyak yang bisa diangkat namun karena waktu pengumpulan foto yang terlalu mepet, jadi peserta kurang maksimal untuk mengeksplor. “Sebenarnya banyak spot-spot yang menarik untuk ditangkap cuman karena keterbatasan waktu akhirnya peserta juga susah mengatur waktu untuk mencari gambar bagus,” jelasnya.

Juri lainnya, Zainal Arifin memberikan masukan bagi peserta lomba terkait objek foto yang ditangkap. Menurutnya, objek foto perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan tema yang diminta. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan fotografer dalam mengambil objek, bisa karena keterbatasan waktu maupun keterbatasan wawasan mengenai tema yang diangkat.

“Mestinya foto itu bisa bagus ketika mereka memahami tema dari lomba foto itu sendiri dan banyak foto yang menarik cuma teknik fotografinya kurang, sehingga hasilnya kurang maksimal,” ungkapnya. Siapa pemenang lomba foto “Dua Tahun Pembangunan Kotaku”? Tunggu di hari Jumat, 29 Januari nanti. (dewa)