01/10/2020

DANDIM LETKOL INF IMAM WIBOWO: DIPERLUKAN HADIRNYA KELUARGA TANGGUH DALAM PERANGI COVID-19

KANIGARAN – Kamis (1/10) pagi, usai mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila ke 55 ditahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo hadir menuju studio LPPL Radio Suara Kota Probolinggo, yang terletak di Jalan Suroyo.

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Letkol Inf Imam Wibowo”mengudara” menyapa masyarakat sembari menceritakan bagaimana memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme.

Menurutnya, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober dapat dimaknai bahwa ideologi Pancasila tidak akan tergantikan dengan idelogi apapun karena didukung oleh seluruh rakyat Indonesia. Nilai-nilai tersebut dapat dijadikan momentum guna menambah nasionalisme dan rasa cinta tanah air serta bangsa.

Apalagi ditengah pandemi COVID-19 seperti ini, nilai-nilai tersebut menurutnya dapat diterapkan sebagai sarana membingkai persatuan dan kesatuan guna menghadapi permasalahan yang menerpa bangsa ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dandim 0820 dalam dialog interaktif 101,7 FM dalam program “LapororoRek”.“Rasa patriotik merupakan jiwa kesatria, maka dalam konteks ini sesuai dengan era modernisasi kaum milenial harus memiliki jiwa dan semangat Pancasila. Kaum milenial diharapkan tidak lupa dengan setiap sejarah perkembangan NKRI,” katanya.

“Apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini, harapannya tidak terpengaruh atau terprovokasi paham-paham diluar ideologi Pancasila sehingga tidak membuat isu-isu yang mengakibatkan perpecahan dan kerusuhan” imbuhnya.

Pemerintah bersama TNI-POLRI juga telah berupaya untuk mengimbau dan mengedukasi masyarakat agar tidak lalai dalam mempertahankan protokol kesehatan.”Dengan berbagai upaya preventif yang dilakukan, termasuk adanya operasi yustisi. Bukan berarti kami memanfaatkan masyarakat melainkan kami hanya ingin menyelamatkan masyarakat di Kota dan Kabupaten probolinggo.” ujar TNI yang pernah bertugas di Papua ini.

Dandim Imam Wibowo juga meminta semua pihak untuk selalu berdoa agar pandemi segera usai sehingga bisa melaksanakan kehidupan normal  seperti sebelum masa COVID-19.

Ia juga berharap ada kesadaran dari masyarakat untuk sama-sama dapat bergotong royong memutus penyebaran mata rantai virus corona yang ada. “Kalau saat ini sudah ada kampong tangguh semeru, ada tempat ibadah tangguh, kami juga menginginkan secara kesadaran dari masyarakat adanya keluarga tangguh. Dimana keluarga tangguh ini dapat menjadi contoh dan panutan, setidaknya dalam menjaga dirinya sendiri dan keluarga” pintanya.

Dalam dialog interaktif pagi tadi, Letkol Inf Imam Wibowo juga menceritakan kepada pendengar bahwa di bulan Oktober juga ada perayaan besar dalam satuannya. “Di tanggal 05 Oktober nanti kami juga memperingati hari ulang tahun ke-75. Namun berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, beberapa agenda besar ditiadakan,” imbuhnya.

Dalam kondisi pandemi, pihaknya hanya akan melaksanakan upacara yang dilaksanakan secara virtual. Dan, beberapa agenda di intern bakti sosial salah satunya; kegiatan donor darah, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang sudah berjalan dan juga untuk menghibur masyarakat, Kodim 0820 juga telah mengagendakan lomba.

“Kami menyelenggarakan lomba foto, yang dapat diikuti oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Sekaligus untuk menghibur dimasa pandemi ini. Ayo masyarakat bisa berkontribusi dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 75 di tahun 2020 dengan mengikuti lomba ini, ada hadiah menarik,” ajaknya.

Cara mengikuti lomba foto ini sangat mudah, caranya kirim foto di beberapa titik lokasi destinasi wisata dan wajib diunggah dan di-tag di akun instagram @kodim0820probolinggo.

“Jangan lupa untuk follow dulu akunnya dan tag di akun kami agar dapat dengan mudah kami menilai. Pengiriman foto dibatasi hingga tanggal 05 Oktober 2020. Ketentuan dan syarat informasi lebih lengkap sudah tertera dalam akun instagram official @kodim0820probolinggo,” jelas Letkol Inf Imam Wibowo.(dev)