15/02/2021

Hadapi Penilaian Smart City, Diskominfo Kota Probolinggo Siapkan Tim Teknis

KANIGARAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Probolinggo menggelar Rapat Teknis Tim Smart City, Senin (15/2) pagi. Rapat pembentukan tim teknis smart city yang dipimpin Kepala Diskominfo Aman Suryaman ini diikuti oleh 18 ASN di ruang rapat kantor Diskominfo setempat.

Dalam rapat tersebut dibahas pelaksanaan revisi dokumen Masterplan Smart City tahun 2019-2023 yang disesuaikan dengan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Probolinggo tahun 2019-2024 serta melaksanakan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam rangka implementasi Smart City.

Diketahui, Smart City merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Smart City meliputi cakupan Smart Governance (Pemerintahan yang Cerdas), Smart Branding (Branding daerah yang cerdas), Smart Living  (Kehidupan yang cerdas / kualitas hidup cerdas), Smart Economy, Smart Society dan Smart Environment (Lingkungan Cerdas).

Kepala Diskominfo Aman Suryaman mengatakan, rencana tinjauan lapangan oleh Kementerian Kominfo RI ke Kota Probolinggo pada awal bulan Maret 2021 “Namun akan ditunda karena kondisi pandemi Covid 19 pada saat ini,” ujarnya. (desy)