26/01/2021

Proses Penjurian Rampung, Lomba Video Hasilkan Karya Berkualitas

KANIGARAN –  Selain lomba foto, penjurian lomba video dalam rangka Refleksi Dua Tahun Kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi-Wawali Subri berlangsung hari Selasa (26/01), di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo. Sebanyak 36 peserta sudah mendaftarkan diri namun hanya 27 video yang dikirim hingga batas waktu yang telah ditentukan oleh panitia yaitu 24 Januari.

Penilaian lomba video dilakukan oleh Agung Ekananta dari Dinas Kominfo, Komunitas Video Maker Kota Probolinggo Fauzi, dan Humas Polresta Probolinggo Kota Choirul Anwar. Menurut Agung, sebagai ketua Juri dalam lomba video ini, ada dua kriteria dalam penilaian yaitu videografi dan kesesuaian tema. “Poin videografi sendiri mencakup resolusi, grading warna, kecerahan dan kesesuaian tema kita lihat juga dari alur yang jelas dan jalan cerita dari video tersebut,” imbuhnya

Dalam lomba video kali ini, menurut Fauzi, jumlah peserta mulai meningkat, tidak hanya itu kualitas video yang diterima pun sudah mulai menunjukkan peningkatan. “Secara keseluruhan dari lomba video yang diadakan pemkot Probolinggo lomba kali ini terdapat perkembangan, banyak peserta yang sudah mulai membaik videonya, ini membuktikan selama ini lomba video yang diadakan oleh pemkot Probolinggo memberikan efek karena hasilnya mulai membaik dari tahun ke tahun,” ujar perwakilan Komunitas Video Maker Kota Probolinggo.

Pada saat penayangan video, rata-rata peserta sangat mengapresiasi pembangunan Kota Probolinggo yang dikomandoi oleh Habib Hadi Zainal Abidin dan Wawali Soufis Subri (Alm), baik itu pembangunan fisik maupun non fisik. Selain itu, beberapa peserta juga menyampaikan harapan dan doa untuk kepemimpinan Habib Hadi 3 tahun mendatang.

Sementara itu, menurut Choirul Anwar, anggota juri dari Humas Polresta Kota Probolinggo, “Banyak peserta yang berani mengapresiasi dan juga berani memberikan masukan positif, itu bagus ya, jadi masyarakat mempunyai penilaian objektif terhadap kepemimpinan Wali Kota Habib Hadi,” katanya.

Perlu diketahui dalam lomba video ini, Pemerintah Kota Probolinggo telah menyiapkan hadiah dengan total Rp 10.500.000,- untuk tiga orang pemenang. Pengumuman peserta akan dilaksanakan Jumat (29/1) pagi, sedangkan penyerahannya di puncak Refleksi Kepemimpinan Walikota Habib Hadi-Wawali Subri yaitu pada malam harinya. (sita)