KOMINFO SOSIALISASIKAN SPBE SERTA TEKNIS PENDAFTTARAN SISTEM ELEKTRONIK

Semakin menjamurnya aplikasi di masing-masing daerah, membuat Kementerian Kominfo RI melakukan seleksi yang ketat. Salah satunya tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo RI no 10 tahun 2015 tentang tata cara pendaftaran sistem elektronik instansi penyelenggara negara. Termasuk Perpres no 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Kedua materi itu disosialisasikan oleh Diskominfo Kota Probolinggo, Rabu(21/11). Sekitar 120 orang peserta mewakili OPD se-kota, meliputi kasubag program, Prakom dan tenaga IT. Kegiatan ini mendapat support dari Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan yang sekaligus membuka acara sosialisasi tersebut di Puri Manggala Bhakti.

“Kegiatan ini mendukung e- Government, sehingga penggunaan IT bisa mempermudah pelayanan publik sesuai dengan era yang serba digital saat ini. Untuk para peserta sebagai perwakilan OPD harus memahami secara teknis, lalu berkoordinasi dengan diskominfo ” imbuhnya.

Menurut Kepala Diskominfo Aman Suryaman, acara semacam ini menjadi penting. Mengingat Kota Probolinggo sendiri memiliki sekitar 109 macam aplikasi dari berbagai layanan OPD. Untuk itulah perlu dirampingkan dan terintegrasi sehingga bisa lebih efektif, efisien dan transparan.

“Bukan berarti dilarang untuk membuat aplikasi, silahkan namun tetap koordinasikan dengan diskominfo. Dengan begitu bisa ditelusuri apakah sudah sesuai, tidak terjadi kebocoran data ataupun hal yang lainnya. Bahkan jika membutuhkan akan kita fasilitasi untuk dibahas lebih lanjut,” ungkapnya.

Secara teknis cara mendaftar sistem elektronik instansi penyeleggara negara dipaparkan oleh Mar’ie Hendrianto sebagai narasumber. Harapannya semua OPD bisa mengisi form tersebut, lalu diverifikasi oleh diskominfo, kemudian didaftarkan ke Kemenkominfo RI untuk diaudit.

“Jika memenuhi syarat dan bagus bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Namun jika dianggap tidak bagus, dengan berbagai pertimbangan kerawanan, kebocoran data atau yang lainnya, maka akan dihapus,” kata Mar’ie. (Yul)

Leave a Reply

Your email address will not be published.