DWP UP Diskominfo Gelar Workshop “Wanita Tangguh Tanpa Keluh”

KANIGARAN – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit Pelaksana (UP) Diskominfo Kota Probolinggo menggelar Workshop Wanita Tangguh Tanpa Keluh, yang berlangsung di Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota Probolinggo, Rabu (19/1). Kegiatan rutin bulanan ini merupakan sebuah inovasi baru yang dikemas dalam bentuk workshop.
Kegiatan itu dihadiri Penasehat DWP Kota Probolinggo yang sekaligus istri Wali Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin, Wakil Ketua TP PKK Diah Kristanti Subri, Ketua DWP UP. Diskominfo Rani Pujo Agung Satrio dan anggota.
Dalam sambutannya, Penasehat DWP Aminah Hadi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan workshop tersebut. Diharapkan, kegiatan itu bisa menambah pengetahuan dan rasa persaudaraan serta toleransi.
Workshop itu juga bertujuan untuk mengajak para wanita untuk lebih menyadari, memahami dan mengenali diri sendiri dan kekuatannya. “Workshop kali ini juga berisi cara-cara praktis dalam mengelola dan mengendalikan diri hingga para wanita dapat memaksimalkan kekuatan dan mampu mencapai tujuan serta meraih kebahagiaan,” jelasnya.
Aminah mengatakan, berbicara tentang peran wanita terutama ibu rumah tangga, memang tak ada habisnya. Dimana segudang aktivitas dan berbagai macam tanggungjawab perlu dilakukan dan diselesaikan.
“Makanya nggak heran, kalau banyak wanita mengeluh terkait peran yang beragam tersebut. Ada yang menganggap (peran tersebut sebagai) beban, adapula yang merasa berat (menjalankannya),” katanya.
Keluhan-keluhan itu pun pada akhirnya, lanjutnya, memicu dan membentuk perilaku buruk, yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya.
Sementara itu, Ketua DWP UP Diskominfo Rani Pujo Agung Satrio dalam laporannya menerangkan, maksud dan tujuan dari salah satu giat bidang pendidikan yang bertemakan pemberdayaan perempuan tersebut adalah melatih serta menjadikan wanita yang mampu menggunakan kekuatan diri untuk mencapai tujuan serta meraih kebahagiaan.
Tak hanya itu, pelaksanaan workshop itu juga sekaligus mampu menjadikan diri sebagai wanita tangguh yang berdaya saing dalam mendukung penuh karir suami dalam menjalankan tugasnya.
Workshop tersebut menggandeng narasumber empowering woman trainer, Diina Sofia asal Malang. Menurutnya, sosok wanita tangguh, adalah wanita yang mampu menjaga dan mengelola dirinya dengan baik. Dimanapun, kapanpun dan saat berhadapan dengan siapapun. “Perempuan yang tangguh, tentunya juga mau berusaha,” tuturnya. (Sonea)