07/06/2021

Kota Probolinggo Ikuti Evaluasi Smart City, Wali Kota Ingatkan Tantangan Ke Depan

KANIGARAN – Dalam rangka mewujudkan komitmen dalam implementasi Smart City, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo mengikuti Video Conference (vidcon) Kunjungan Lapangan Tim Evaluasi Pusat Smart City, Senin (7/6). Acara ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Kominfo secara virtual, yaitu Prof Yudho Giri Sucayo beserta tim evaluasi Kemkominfo dan dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Kota Probolinggo termasuk dalam 100 kota/kabupaten seluruh Indonesia yang terpilih  untuk mengimplementasikan Smart City. Terdapat 6 elemen yang dievaluasi yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. Dari keenam elemen tersebut, Kota Probolinggo telah mempunyai enam (6) produk inovasi yang semuanya berbasis Teknologi Informasi. Bahkan, dari Smart Living yang diusung oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana (Dinkes P2KB), yaitu aplikasi  SisKIA Pro Cantik, mewakili Indonesia  dalam ajang ASEAN ICT AWARD 2019 di Vientiene.

Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya mengaku sangat bangga dengan predikat Smart City yang disematkan untuk Kota Probolinggo. Namun ada tantangan ke depan untuk menjadi lebih baik dan lebih smart dalam memberikan layanan terbaik untuk kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo.

“Masyarakat sekarang juga semakin cerdas dalam memantau pelaksanaan pembangunan pemerintahan jadi, kita harus bisa manfaatkan peluang ini untuk mempermudah interaksi dengan mereka. Saya berharap melalui tinjauan lapangan dalam rangka evaluasi Smart City ini, kita memperoleh masukan-masukan dan solusi cerdas dalam pengembangan Smart City di Kota Probolinggo,” harap wali kota.

Agenda acara ini terbagi menjadi dua hari, Senin dan Selasa (7-8/6). Agenda di hari pertama pemaparan materi oleh tim evaluasi dan narasumber dilanjutkan kunjungan lapangan. Perangkat Daerah pertama yang akan dievaluasi yaitu Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Kepariwisataan dengan aplikasi bernama IMPRESSIVE PROBOLINGGO CITY(masita)