Kunker Implementasi Smart City, DPRD Kota Malang Datangi Diskominfo

KANIGARAN – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Probolinggo kedatangan tamu kunjungan kerja dari Komisi A DPRD Kota Malang. Rombongan tersebut diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Pujo Agung Satrio, Rabu (22/06) di ruang rapat kantor dinas yang beralamat di Jalan Dr Saleh.

Selain bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan, kedatangan anggota DPRD terkait implementasi Smart City kategori Smart Living. Diketahui, Pemerintah Kota Probolinggo pada 2021 berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kominfo RI atas implementasi Smart City kategori Smart Living, dengan aplikasi dari Dinkes PPKB Kota Probolinggo yaitu “Siskia Pro Cantik” (sistem informasi kesehatan ibu dan anak Probolinggo, cermat, andal, teliti, informatif dan kualitas).

Beberapa pertanyaan diajukan oleh anggota DPRD Kota Malang. Rahman Nurmala, anggota komisi A yang menjadi juru bicara kunjungan tersebut menjelaskan, yang ia pahami beberapa tahun yang lalu setiap kabupaten/kota harus menuju ke smart city. Di Kota Malang, smart city yang sudah diimplementasikan dari 6 kategori sesuai unggulan masing-masing.

“Kami memang utamanya ialah Smart Government-nya dimulai dari SPBE, sudah berjalan juga. Kami juga kebutulan ada di Smart Economy, untuk menampung kaum milenial. Kami sebenarnya juga Smart Branding, karena kami kota pariwisata. Sebenarnya Smart Living juga sudah bergerak di tahun 2021, ternyata Kota Probolinggo sudah mendapatkan penghargaan. Barangkali kemasannya beda. Kalau seperti yang disampaikan tadi, sebenarnya kami ada potensi untuk itu, dengan studi tiru kesini kami mendapat informasi. Kami selaku mitra OPD dan Dinkes termasuk komisi D, jadi nanti kita bersinergi. Jadi apa yang didapat disini, tentunya akan banyak manfaat dengan pihak Pemkot Malang,” jelas Rahman.

Mengakhiri sesi penjelasan dan tanya jawab, Pujo Agung Satrio mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Komisi A DPRD Kota Malang. “Suatu kehormatan ya pastinya kedatangan komisi A DPRD Kota Malang bisa silaturahmi di Pemkot Probolinggo melalui Diskominfo. Alhamdulillah tahun 2021 kemarin kita mendapat penghargaan smart city khususnya di smart living untuk aplikasi Siskia Pro Cantik,” terang Pujo. (sit/fa)