14/06/2021

Pelayanan Informasi Dan Pengaduan Masyarakat

  • Identitas diri (KTP/SIM) (asli dan fotokopi sebanyak 1 (satu) rangkap), untuk Pelayanan Informasi
  • Surat tugas dari lembaga (bila dari lembaga), untuk Pelayanan Informasi
  • Identitas pelapor/penelepon (nama, usia, alamat tempat tinggal dan pekerjaan), untuk Pengaduan Masyarakat
  • Alamat obyek pelaporan/pengaduan secara detail (jalan, RT/RW, kelurahan dan kecamatan), untuk Pengaduan Masyarakat
  • Informasi harus jelas mengenai keberadaan, peristiwa yang menjadi obyek laporan (tidak mengada-ada), apabila tidak mengetahui sendiri wajib mencantumkan sumber darimana penelepon memperoleh informasi, untuk Pengaduan Masyarakat
  1. Pelayanan Informasi
    1. Pemohon mengajukan berkas permohonan (Formulir Permohonan Informasi dan identitas) yang terdiri dari:
      • Nomor formulir (nomor pendaftaran);
      • Nama Pemohon Informasi;
      • Alamat dan nomor telepon pemohon informasi ;
      • Subjek dan keterangan Informasi yang diminta;
      • Alasan Permintaan Informasi;
      • Nama Pengguna Informasi;
      • Alamat dan nomor telepon pengguna informasi
      • Alasan/Tujuan pengguna Informasi;
      • Format dan cara pengiriman;
      • Nama dan tanda tangan PPID
      • Tanggal diterimanya permohonan informasi;
      • Stempel badan publik.
    2. Petugas layanan menerima berkas permohonan dari pemohon;
    3. Petugas layanan memeriksa berkas permohonan, jika tidak memenuhi persyaratan, petugas boleh menanyakan secara detail;
    4. Jika sudah lengkap, petugas layanan (desk) menandatangani formulir;
    5. Petugas layanan meregister permohonan informasi;
    6. Petugas layanan memberikan tanda bukti permohonan informasi (nomor pendaftaran) kepada pemohon informasi;
    7. Petugas menyampaikan Formulir Permohonan ke PPID dan atasan PPID;
    8. PPID memproses permohonan informasi;
    9. Informasi disampaikan oleh PPID ke pemohon, jika pemohon tidak puas dapat mengajukan keberatan;
  2. Pengaduan Masyarakat
    1. Pemohon menyampaikan pengaduan melalui media (program laporo rek (telepon/sms), e-lapor, website, SP4N);
    2. Petugas secara langsung menghubungi instansi terkait, bila dalam kegiatan on air;
    3. Petugas menyampaikan pengaduan masyarakat kepada lembaga/instansi terkait;
    4. Petugas menerima tanggapan lembaga/instansi terkait;
    5. Petugas menyampaikan tanggapan kepada masyarakat;
    6. Petugas merekapitulasi pengaduan dari beberapa media secara tertulis sebagai arsip.

10 Hari kerja

Pelayanan Informasi
10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan informasi dan memperpanjang waktu untuk mengirimkan pemberitahuan 7 (tujuh) hari kerja dengan memberikan alasan secara tertulis.

Pengaduan Masyarakat
Pengaduan disampaikan secara langsung saat on air. 1 (satu) minggu jika lembaga/instansi menanggapi secara tertulis.

Tidak dipungut biaya (gratis).

Informasi dalam bentuk softcopy dan hardcopy; dan Fasilitas/media pengaduan masyarakat.

  1. Pengaduan dapat dilakukan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo, Jl. Dr. Saleh No.5 Probolinggo;
  2. Pengaduan, saran dan masukan secara langsung melalui:
    • Telepon (0335) 427772 , 422135 dan 081336460000
    • Website diskominfo.probolinggokota.go.id