Silaturahmi Pemkot-Jurnalis di Momen Peringatan HPN 2022

KANIGARAN – Peringati Hari Pers Nasional ke 76 Tahun 2022, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Probolinggo Pujo Agung Satrio ajak awak media se-Probolinggo Raya tasyakuran bersama di halaman Kantor Radio Suara Kota pada Rabu (9/2) siang.

Hadir sebanyak 50 wartawan yang tergabung dalam beberapa organisasi pers antara lain dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya, Forum Wartawan Mingguan Probolinggo (F-Wamipro), Jurnalis Probolinggo (Jispro) dan Aliansi Wartawan Probolinggo Raya (AWPR).

Dalam sambutannya, Kadiskominfo menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh jurnalis yang hadir. “Kami atas nama Pemerintah Kota Probolinggo mengucapkan selamat merayakan Hari Pers Nasional yang jatuh pada hari ini tanggal 9 Februari 2022,” terang kepada dinas yang dilantik pada tahun 2021 lalu itu.

Meneruskan pesan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin untuk para insan media, Kadis Pujo mengatakan bahwa media massa di Kota Probolinggo harus memberitakan berita secara baik dan benar. “Sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota Probolinggo untuk menyampaikan informasi yang baik dan benar, harapannya juga ada proses Check and Balance, seperti yang disampaikan sebelumnya,” terang Pujo.

Mengingat risiko pekerjaan wartawan terpapar Covid 19 cukup tinggi, Kadiskominfo Pujo telah mengusulkan untuk mengadakan vaksinasi booster bagi wartawan di Kota Probolinggo. “Kita juga mengusulkan vaksin booster dalam rangka HPN untuk teman-teman wartawan,” katanya.

Mewakili insan jurnalis, Ketua PWI Probolinggo Raya Ahmad Suyuti sependapat dengan permintaan wali kota untuk menerapkan proses check and balance melalui peningkatan kompetensi wartawan. “Kompetensi secara keilmuan itu juga penting harus kita miliki semua,  kompetensi terkait tugas kita sebagai seorang jurnalis yang berperan serta dalam pembangunan di daerah, ikut berkontribusi terhadap pembangunan daerah dengan berita berita yang sifatnya mengedukasi,” terang Suyuti yang juga menjabat sebagai Direktur Jawa Pos Radar Bromo itu.

Usai sambutan, agenda tasyakuran dilanjutkan dengan foto besama dan beramah tamah dengan jajaran pejabat Diskominfo Kota Probolinggo. (dewanta)