Tiket KAI Bisa Dipesan H-30 Lebaran

KANIGARAN – Menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H mendatang, PT. KAI Daerah Operasional (Daop) IX Jember Stasiun Probolinggo siap mengcover masyarakat Kota Probolinggo untuk menikmati perjalanan menggunakan kereta api, baik untuk perjalanan dekat maupun jauh. Kepastian itu disampaikan oleh Kepala Daop IX Broer Rizal, yang ditemui usai mengisi salah satu program di Radio Suara Kota FM, Suara Lokomotif, Selasa (25/1) pagi.

Dialog tersebut dihadiri juga oleh Kepala Stasiun Probolinggo Andri Puji Purwanto dan Kepala Humas Daop IX Jember Tohari, membeberkan beberapa poin penting terkait perjalanan menggunakan moda kereta api.

Andri Puji Purwanto mengatakan, Stasiun Probolinggo merupakan stasiun kelas 1 yang berada di ketinggian +5 m. Stasiun ini menghubungkan antara Stasiun Banyuwangi dan Stasiun Surabaya Gubeng serta melayani baik kereta api kelas ekonomi maupun kelas bisnis.

Jika sebelumnya tiket kereta bisa dipesan H-90 lebaran, Andri menyebut, pada masa pandemi seperti sekarang ini, ada sedikit perubahan pada proses pemesanan tiket yaitu sudah bisa dipesan H-30.

“Saat ini tiket lebaran belum di running, namun demikian dapat kami informasikan, kalau biasanya tiket bisa dipesan tiga bulan sebelumnya, kali ini pemesanan tiket untuk angkutan lebaran 2022 sudah bisa dilakukan pada H-30. Pemesanan tiket bisa dilakukan online atau KAI access, sambil kita running perkembangan situasi terkini covid-19,” jelasnya.

Adapun syarat naik kereta api jarak jauh  dan menengah, diantaranya pelanggan di atas 12 tahun wajib vaksin minimal dosis pertama, jika belum dapat divaksin karena alasan medis, dapat menyertakan surat keterangan dari dokter spesialis atau dokter rumah sakit pemerintah sebagai pengganti vaksin, dapat menunjukkan hasil tes negatif rapid tes antigen 1×24 jam dan pelanggan di bawah 12 tahun, menunjukkan hasil tes rapid tes antigen yang berlaku 1x 24 jam serta didampingi orangtua.

“Kami menyiapkan sedikitnya ada empat belas rangkaian angkutan pada lebaran tahun ini, Kami juga memberikan kemudahan untuk calon penumpang, dengan memanfaatkan rapid antigen di Stasiun Probolinggo, satu kali dua puluh empat jam,” ujarnya.

Untuk melakukan perjalanan ini, Broer menambahkan, masyarakat tak perlu mendownload aplikasi peduli lindungi terlebih dahulu. Karena ticketing sudah terintegrasi sistem. “Tidak perlu menunjukkan atau melakukan scan barcode karena tiket kami sudah terintegrasi dengan aplikasi peduli lindungi,” tegasnya.

Untuk info lebih lanjut terkait syarat perjalanan kereta api dalam masa pandemi covid-19, masyarakat dapat menghubungi customer service stasiun atau contact center KAI melalui telpon 121, whatsapp di 08111-2111-121, email cs@kai.id atau media sosial KAI121. (sonea)