Cikal Bakal Rawon Kuliner Khas Probolinggo

Rawon sebagai salah satu makanan khas asal Jawa Timur ternyata telah berusia lebih dari 1000 tahun. Hal ini terungkap dari Prasasti Taji yang dikeluarkan pada tahun 901 Masehi oleh Rakryan I Watu Tihang Pu Sanggramadurandara yang ditemukan di Ponorogo, tertulis dengan nama Rarawwan. Prasasti tersebut adalah prasasti yang terdiri atas tujuh lempeng tembaga, yang ditemukan di Dukuh Taji, Desa Gelanglor, Sukorejo Ponorogo, Jawa Timur pada tahun 1868.

PROBOLINGGO - Rawon sebagai salah satu makanan khas asal Jawa Timur ternyata telah berusia lebih dari 1000 tahun. Hal ini terungkap dari Prasasti Taji yang dikeluarkan pada tahun 901 Masehi oleh Rakryan I Watu Tihang Pu Sanggramadurandara yang ditemukan di Ponorogo, tertulis dengan nama Rarawwan. Prasasti tersebut adalah prasasti yang terdiri atas tujuh lempeng tembaga, yang ditemukan di Dukuh Taji, Desa Gelanglor, Sukorejo Ponorogo, Jawa Timur pada tahun 1868.

Bukti lain, Rawon diketahui, dulunya merupakan makanan yang sangat digemari oleh keluarga kerajaan Keraton Mangkunegaran Surakarta ini, hal itu ditemukan dalam catatan resep bernama Serat Wulangan Olah-Olahan Warna-Warni yang dicetak pada tahun 1926.

Beberapa penelitian menduga nama Rawon berasal dari bahasa Jawa “Rawa” yang menyerupai warna air rawa yang gelap. Rawon juga tertulis pada Bomakawya atau Bhomantaka (kesyan ikang limas kula-kulah kela-kěla kalupan haryas ikâmanis milu manis-manis ika mamanis nyâlap-alapnya kalap angalap manah ikang angalap henak ikang rarawwan amareg-marĕgi ring aharep). Karena warnanya yang kehitam-hitaman, di luar negeri Rawon disebut sebagai “Black Soup”.

“Rawon juga dinobatkan sup terenak nomor 1 di dunia. Terutama di Kota Probolinggo yang terkenal yaitu Rawon Nguling,” ujar Pembina Pojok Literasi Arkeologi Sunan Kali Banger Edi Martono dalam Pelatihan Sejarah Lokal pada Rabu (30/8).

Dengan komposisi sup daging sapi dari betis atau iga sapi yang kaya akan nutrisi dan beraroma segar. Kuah Rawon dibumbui dengan campuran rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan serai. Warna gelap pada kuahnya berasal dari kluwek yang semakin menambah rasa khas pada rawon. (man2/sit)

LINK TERKAIT