Diskominfo Isi Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Manajemen PKK

Diskominfo Isi Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Manajemen PKK

SURABAYA – “Saya ingin menyamakan persepsi terlebih dahulu dengan ibu-ibu PKK yang hadir, terkait apa itu aplikasi SIM PKK. Dimana tantangan di era digitalisasi dan informasi yang ada saat ini, (adalah) transformasi digital,” ujar Pranata Komputer Ahli Muda selaku Sub Koordinator Pengembangan Aplikasi pada Diskominfo Kota Probolinggo Mar’ie Hendri.

Pernyataan ini disampaikan saat paparan dihadapan puluhan Kader PKK Kota Probolinggo, pada giat Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK sebagai Upaya Peningkatan Peran PKK sebagai Mitra Pemerintah, di Surabaya, Jumat (4/11) malam.

SIM PKK adalah suatu proses pengumpulan data secara sistematis, sehingga menghasilkan suatu informasi sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan. Aplikasi SIM PKK sebagai solusi yang tepat bagi para kader PKK di berbagai wilayah dalam penyusunan laporan sesuai dengan kebutuhan.

SIM PKK merupakan sebuah inovasi pengelolaan sistem informasi data dan informasi secara cepat, tepat, akurat dan menyeluruh mulai dari tingkat dasawisma, RT/RW, TP PKK  Kelurahan, Kecamatam, Kota, Provinsi dan TP PKK Pusat. Dimana untuk mengakses SIM PKK bisa melalui website dan android.

Dengan memanfaatkan Aplikasi SIM PKK, tambah Hendri, maka para kader tidak perlu lagi melakukan perekapan laporan secara manual. Hal ini dikarenakan laporan sudah langsung tersimpan dalam sebuah sistem yang nantinya akan menjadi sumber data.

Bersama beberapa orang timnya, Hendri menyampaikan, SIM PKK mempunyai beragam fitur layanan data yang cukup lengkap. Dengan dukungan ini dapat mempermudah para kader PKK dalam menyampaikan laporan data secara digital.

Data tersebut kemudian akan terintegrasi melalui sistem untuk dapat dimanfaatkan, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota hingga pusat. Data yang terhimpun, selanjutnya dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan dan program oleh berbagai  PD di Pemerintah Kota Probolinggo. Dengan demikian, program dan kebijakan yang diambil akan semakin tepat sasaran sesuai kebutuhan warga masyarakat.

Bimtek Aplikasi SIM PKK sebagai upaya peningkatan peran PKK sebagai mitra pemerintah, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang kala itu didampingi sang istri yang sekaligus adalah Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin.

Turut serta hadir dalam giat yang berlangsung selama 2 hari itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pujo Agung Satrio, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos, PPPA) Rey Suwigtyo dan Sekretaris TP PKK Reny Windi Abbas, serta puluhan peserta dari kader PKK dan sekretaris kecamatan se-kota.

Ditemui di tengah-tengah acara berlangsung, Ketua TP PKK Aminah Hadi mengatakan, sebagai bagian dari keluarga besar TP PKK Kota Probolinggo, sudah sepatutnya Kader PKK ikut merasakan kebanggaan atas kemajuan-kemajuan yang berhasil dicapai setiap pokja.

“Itu merupakan kemenangan buat kita semua. Jadi saya minta kekompakannya dan lebih aktif lagi dari sebelumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Probolinggo Pujo Agung Satrio pada mengatakan, dewasa ini segala aspek kehidupan manusia di dunia ini sudah masif bergerak ke arah digital.  Aplikasi SIM PKK merupakan sebuah inovasi aplikasi berbasis website dan android yang dibuat agar manajemen pengelolaan data dan informasi terintegrasi dengan baik.

“Aplikasi SIM PKK ini merupakan salah satu upaya nyata untuk menjawab tantangan perkembangan zaman, dalam rangka upaya meningkatkan peran PKK dengan pemerintah. Sehingga harapannya, dengan adanya aplikasi ini semoga bisa membantu memudahkan bagi Ibu Ketua TP PKK dalam memantau dan mengawasi aktivitas di bawahnya. Tapi tantangannya, karena ini basisnya data, maka nantinya ada proses input data yang akan memudahkan di tahap selanjutnya,” pungkasnya. (es/fa)

LINK TERKAIT