Pendaftaran Online “Mobile JKN” Memudahkan Masyarakat

Tim Hubungan Masyarakat (Humas) RSUD Dokter Mohamad Saleh mengisi Program Klinik Udara di Radio Suara Kota Probolinggo, Jumat pagi (24/2). Pada Talk Show tersebut membahas tentang Penggunaan Aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan Alur Antrian Pendaftaran Online Poliklinik.

MAYANGAN - Tim Hubungan Masyarakat (Humas) RSUD Dokter Mohamad Saleh mengisi Program Klinik Udara di Radio Suara Kota Probolinggo, Jumat pagi (24/2). Pada Talk Show tersebut membahas tentang Penggunaan Aplikasi Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan Alur Antrian Pendaftaran Online Poliklinik.

Layanan Antrian Pendaftaran Online, yaitu Aplikasi Mobile JKN yang hanya bisa didownload di play store secara gratis. Layanan antrian Mobile JKN ini bisa diakses sehari sebelumnya untuk memudahkan masyarakat agar tidak perlu mengantre saat datang ke poli rawat jalan RSUD Kota Probolinggo. Akan tetapi, RSUD tetap melayani pasien BPJS yang tidak memiliki handphone android melalui antrian secara offline.

Ketika menggunakan antrian melalui mobile JKN, akses layanan langsung tersambung ke poli dengan tetap membawa surat kontrol atau surat rujukan aktif dari puskesmas ataupun faskes 1 karena mengikuti mekanisme BPJS.

Cara mengunduh Mobile JKN sangatlah mudah dengan mengikuti syarat-syarat tertentu. Pertama, harus dipastikan punya paket data, pulsa dan alamat email aktif untuk verifikasi. Kemudian buka play store, cari 'Mobile JKN'. Klik 'Pendaftaran Penggunaan Mobile', masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), lalu pilih menu 'Pendaftaran Pelayanan'. Dalam satu akun MJKN, hanya dapat mencantumkan 3 KK (Kartu Keluarga) saja.

Customer service poli Muzayanah menyampaikan, dengan menggunakan layanan mobile JKN, nomor BPJS anggota keluarga lainnya bisa dilihat melalui aplikasi MKJN, dengan syarat masih dalam satu KK. 

"Yang punya kartu BPJS dalam satu KK itu juga terdaftar di situ. Seandainya lupa membawa kartu BPJS-nya di rumah, kita bisa lihat di MJKN juga,” katanya.

Muzayanah juga menambahkan bahwa ketika sudah di rumah sakit, jangan lupa klik check in terlebih dahulu. "Klik check in terlebih dahulu sebelum ke poli yang dituju. Langsung ke poli tujuan tanpa melalui loket, kecuali yang baru pertama kali datang ke rawat jalan, perlu check in di loket nomor 2 khusus MJKN untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu. Jika ada yang masih kebingungan bisa langsung menanyakan ke customer service poli rawat jalan atau IGD di jam kerja, yaitu pada Hari Senin-Kamis jam 07.00-14.00 WIB dan Jum'at-Sabtu jam 07.00-12.00 WIB,” tambahnya.

"BPJS satu hari langsung jadi, membawa KK, KTP. Jika anak yang mau membuat BPJS atau yang sakit itu membawa akte atau KIA anak, langsung dibawa ke Dinkes. Misalnya ke Dinkes jam 8, nanti jam 2 sudah aktif. Setelah aktif, baru keluarga pasien atau pasien mendownload Mobile JKN, jadi kartunya bisa di cetak lewat Mobile JKN", timpal Anisa Bella customer service IGD.

Humas RSUD Rizky Mustofa memberitahukan bahwa aplikasi reservasi online RSUD Dr. Moh. Saleh Kota Probolinggo sudah tidak dipergunakan lagi mulai hari Senin, tanggal 27 Februari 2023 dan pasien dialihkan pendaftarannya melalui Mobile JKN. Apabila mengalami kendala, bisa dikomunikasikan ke petugas customer service poli dan juga petugas humas yang ada di RSUD Dr. Moh Saleh melalui media sosial atau whatsapp online di nomor 0811-3037-119. (mg-uby)

LINK TERKAIT