Mudahkan Masyarakat, Kantah Probolinggo Punya 7 Layanan Dan Loket Prioritas

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya meningkatkan pelayanan pertanahan. Tujuannya agar masyarakat mendapat kemudahan dan penanganan yang lebih cepat. Sedikitnya ada 7 layanan prioritas pertanahan dan WhatsApp Pengaduan Terintegrasi dengan 33 Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi seluruh indonesia.

KANIGARAN - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya meningkatkan pelayanan pertanahan. Tujuannya agar masyarakat mendapat kemudahan dan penanganan yang lebih cepat. Sedikitnya ada 7 layanan prioritas pertanahan dan WhatsApp Pengaduan Terintegrasi dengan 33 Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi seluruh indonesia.

Adapun ketujuh layanan prioritas tersebut meliputi, pengecekan sertifikat, pendaftaran SK, surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT), hak tanggungan elektronik, roya manual dan roya elektronik, peralihan, serta perubahan hak guna bangunan/hak pengelolaan (HGB/HPL) menjadi hak milik (HM) untuk rumah tinggal, rumah toko, dan rumah kantor.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Probolinggo Sugeng Muljosantoso, Rabu (12/7), ditemui usai mengisi salah satu program di radio kebanggaan masyarakat Kota Mangga dan Anggur, Radio Suara Kota FM.

“Layanan quidwin atau tujuh layanan cepat prioritas yang diresmikan Menteri ATR/BPN, Kantah Kota Probolinggo sudah menjalankannya. Dari tujuh tadi, ada empat yang sudah elektronik, yang bisa diakses lewat aplikasi “Sentuh Tanahku”, sisanya masih manual di mana masyarakat harus datang ke kantor,” ujarnya.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantah Jember itu menambahkan, ada pula layanan loket prioritas. Loket prioritas ini, adalah loket yang diperuntukkan untuk pemohon langsung. Di mana selama 7 kali seminggu masyarakat dapat mengakses layanan ini dengan datang ke kantor yang berlokasi di kawasan Hayam Wuruk Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan tersebut.

“Minggu sampai Sabtu, (layanan loket prioritas) nggak ada liburnya. Cuma untuk (akhir pekan) ini jamnya terbatas, yakni jam sembilan sampek jam dua belas. Silakan masyarakat manfaatkan betul,” tegasnya.

Sugeng yang didampingi analis Bambang Suhartono, pun menegaskan agar masyarakat dapat mengurus keperluannya tanpa takut dan perantara lagi. “Jangan takut. Kami sudah berbenah, dan berubah total. Masyarakat juga bisa melakukan pengaduan memalui jalur WhatsApp di nomer 081333630816. Pasti kita layani,” terangnya. (es/qie)

LINK TERKAIT