PenTaTik (Pengumpulan Data Statistik)

1. DASAR HUKUM

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Probolinggo Nomor 59 Tahun 2021 tentang Satu Data Kota Probolinggo, walidata adalah perangkat daerah yang bertugas melaksanakan pengumpulan, pengolahan, analisis dan diseminasi data dan metadata lintas sektoral yang disampaikan oleh Produsen Data, yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo. Karena itu selaku walidata, Dinas Komunikasi dan Informatika harus melakukan proses pengumpulan data statistik sektoral dengan cepat dan efisien sehingga data statistik sektoral Kota Probolinggo dapat rilis tepat waktu.

2. PERMASALAHAN

Proses pengumpulan data merupakan hal yang sangat penting dalam penyusunan Data Statistik Sektoral Kota Probolinggo, sebab rilis Data Statistik Sektoral berkaitan erat dengan target waktu dan jenis Data sesuai Urusan Pemerintahan. Pemanfaatan Data Statistik Sektoral sangat penting sebagai bahan penyusunan dokumen perencanaan dan pelaporan oleh beberapa instansi, dimana dalam penyusunan dokumen tersebut sangat berkaitan erat dengan batas waktu penyusunan. Oleh sebab itu, kecepatan dan ketepatan rilis data sangatlah penting. Namun pada kenyataannya, proses pengumpulan data belum bisa optimal. Banyak faktor penyebabnya, antara lain pengumpulan data oleh OPD yang melebihi target waktu, pengumpulan data yang tidak sesuai format tabel yang diminta, adanya item data yang kosong, adanya kesalahan penjumlahan, dan lain-lain. Adanya OPD yang telambat dalam pengumpulan data mengakibatkan kerja dari Seksi Pengelolaan Data Statistik Sektoral menjadi terhambat dan ketepatan rilis data akan mundur dari target yang telah direncanakan karena untuk proses lanjutan setelah data terkumpul masih butuh waktu yang cukup lama sampai pada proses rilis data.

Berdasarkan permasalahan yang ada pengumpulan Data Statistik Sektoral OPD di Kota Probolinggo yang belum optimal menjadi core issue. Gagasan kreatif yang dibuat untuk mengatasi core issue tersebut adalah dengan pembuatan alat bantu pengumpulan data dengan menggunakan google spreadsheet. Spreadsheet merupakan aplikasi yang disediakan google sheets yang fungsinya sama dengan microsoft excel namun memiliki kelebihan diantaranya kemudahan akses menggunakan perangkat apapun, adanya fitur autosave yang secara otomatis menyimpan file yang sedang di kerjakan serta dapat di akses dan di edit oleh beberapa perangkat sekaligus secara real-time.

3. ISU STRATEGIS

Inovasi ini berkaitan dengan isu strategis penguatan penyelenggaraan statistik sektoral yang tertuang pada RKPD 2024 Kota Probolinggo. Disrupsi teknologi mempengaruhi cara kerja pemerintah. Pemanfaatan teknologi dalam proses perumusan kebijakan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan responsivitas pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat di daerah. Penyusunan regulasi dan implementasi kebijakan dapat diperbarui dan disesuaikan dengan cepat melalui pemanfaatan teknologi.

Selain itu, isu digitalisasi juga berkaitan dengan inovasi ini. Pemerintah dapat memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik, mengurangi birokrasi, dan meningkatkan transparansi. Namun, ada tantangan dalam penerapan digitalisasi yaitu keamanan digital dan perlindungan privasi yang juga menjadi isu penting yang memerlukan perhatian khusus dalam era digital ini.

4. METODE PEMBAHARUAN

Kondisi sebelum adanya inovasi :

Pengumpulan data dilakukan sesuai form telah disiapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Lalu Dinas Komunikasi dan Informatika mengupload form excel di website Dinas. Kemudian Perangkat Daerah mendowload form dan mengisi data sesuai dengan format dan yang terakhir Perangkat daerah mengirimkan form yang sudah terisi ke Diskominfo berupa hardcopy yang sudah ditandatangani kepala perangkat daerah dan softcopy dengan format Ms. Excel.

Kondisi setelah adanya inovasi :

Pengumpulan data dilakukan sesuai form yang telah disiapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dengan menggunakan google spreadsheet. Lalu Dinas Komunikasi dan Informatika menyiapkan link pengisian data dan surat permohonan data statistik sektoral kemudian mengirimkan pada seluruh perangkat daerah terkait. Perangkat daerah mengisi data yang dibutuhkan dan langkah terakhir yaitu melakukan verifikasi dan validasi untuk data yang telah diisi perangkat daerah pada google spreadsheet.

5. KEUNGGULAN DAN KEBAHARUAN

 Pengumpulan data statistik sektoral sebelumnya dilakukan dengan cara mendownload format tabel untuk masing-masing perangkat daerah kemudian proses pengumpulannya dapat disampaikan melalui email atau berupa hardcopy. Namun setelah diterapkannya google spreadsheet, proses pengumpulan data menjadi lebih mudah dan cepat dimana masing-masing perangkat daerah dapat langsung membuka link yang diberikan dan mengisi secara online serta akan tersimpan secara otomatis. Spreadsheet ini juga memungkinkan beberapa orang untuk membuka dan mengedit file yang sama secara bersamaan dan akan secara otomatis tersimpan semua perubahan yang telah dilakukan. Selain itu keunikan dari pemanfaatan google spreadsheet ini yaitu memanfaatkan aplikasi gratis milik google apps sehingga dapat menghemat biaya serta tidak membutuhkan aplikasi tertentu yang berbayar untuk proses pengumpulan data.

Inovasi pemanfaatan google spreadsheet ini baru pertama kali diterapkan di Kota Probolinggo dan atas gagasan pribadi tanpa mencontoh atau melakukan studi banding ke daerah lainnya. Sebelumnya, google spreadsheet ini hanya diterapkan pada permohonan data statistik sektoral Kota Probolinggo, permohonan data capaian kinerja dan target pembangunan serta permohonan data pendukung penyusunan PDRB triwulanan. Namun kemudian dikembangkan lagi untuk diterapkan pada permohonan data SATA JATIM. Selain itu, perangkat daerah lain juga telah memanfaatkan google spreadsheet ini dalam melalukan permohonan data dan informasi.

6. TAHAPAN INOVASI/ PENGGUNAAN PRODUK

Hal pertama yang dilakukan yaitu membuat kebutuhan data statistik sektoral kemudian membuat daftar perangkat daerah yang terkait pada pengumpulan data statistik sektoral. Tahap berikutnya yaitu membuat format tabel kebutuhan data pada masing-masing perangkat daerah lalu membuat google spreadsheet dan link pengisian untuk perangkat daerah. Langkah selanjutnya yaitu membuat surat permohonan data statistik sektoral dan mengirimkan pada seluruh perangkat daerah terkait. Perangkat daerah mengisi data pada link yang tertera pada surat. Langkah terakhir yaitu melakukan verifikasi dan validasi untuk data yang telah diisi perangkat daerah pada google spreadsheet.


LINK TERKAIT