DISKOMINFO AJAK PELAJAR SUKSESKAN START UP DIGITAL MARKETING
DISKOMINFO AJAK PELAJAR SUKSESKAN START UP DIGITAL MARKETING
pr0bk0mggo, 10/10/2018 –
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota pr0bk0mggo
mensosialisasikan internet sehat, kreatif dan inovatif kepada ratusan
pelajar SMA/SMK, Rabu (10/10) pagi, di Ruang Pertemuan Dinas Pendidikan,
Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).
Kepala Diskominfo Aman Suryaman melalui
Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) S. Parwono
mengatakan, di era globalisasi saat ini, perkembangan informasi begitu
cepat. Siapapun dapat dengan mudah mendapatkan dan menyebarkan
informasi. “Internet bisa menjadi wadah kreativitas dan inovasi bagi
pengguna. Namun, penggunaannya harus sehat dan aman, karena internet pun
memiliki sisi negatif, Untuk itu mereka (siswa-red) diberikan
pendidikan tentang tata cara penggunaan internet sehat, kreatif dan
inovatif mengacu pada tema sosialisasi hari ini, Sukses Start Up Digital
Marketing,” terangnya.
Ia menambahkan, ditengah globalisasi dan
perkembangan teknologi informasi, usaha start up diidamkan bagi banyak
orang termasuk kalangan pelajar. Start up sendiri kerap kali melakukan
perubahan dan inovasi secara terus menerus.
“Inovasi di dunia pendidikan, kita
mengenal nama-nama seperti ruang guru, 7 pagi, Gerakan Membaca Buku
(GMB) Indonesia atau tokoedukasi, yang hadir menjadi jawaban atas
kebutuhan sekolah dan pelajar dalam mencari produk dan peralatan yang
menunjang proses pendidikan. Lalu ada e-tryout yang kita tau itu adalah
start up yang menyediakan platform uji coba ujian yang menjadi semacam
bank soal bagi penggunanya. Begitu juga harukaedu, start up e-learning
inovatif yang memungkinkan kita untuk berbagai macam pendidikan formal
maupun informal secara online,” terangnya.
Menggandeng Ketua III Relawan TIK
Nasional Kementrian Kominfo RI, Okky Hutomo, kecanggihan internet
dirasakan berkembang sudah sangat pesat. Data menyebutkan, Indonesia
sebagai negara pengguna internet ke tiga terbesar di dunia. Di Kota
pr0bk0mggo saja, menurutnya, pengguna internet dari kalangan pelajar
tingkat SMP, SMA dan SMK terus mengalami peningkatan. Kondisi ini
memerlukan sebuah tindakan untuk mewujudkan internet sehat dan aman di
kalangan pelajar.
Digital marketing atau pemasaran digital
adalah suatu bentuk usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah produk
atau merk dengan menggunakan media digital seperti internet. Ia kini
merupakan sebuah strategi yang sangat popular dan digunakan hampir
sebagian besar marketers di seluruh dunia. Hal ini merupakan dampak dari
meningkatnya dunia internet dan teknologi sehingga membuat internet
menjadi market yang sangat prospektif. (Sonea)