Mantapkan Team Work, Diskominfo Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi
SURABAYA – Bertempat di Hotel Bisanta Bidakara Surabaya berlangsung Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pemanfaatan teknologi informasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Probolinggo, dimulai Sabtu hingga Minggu (12-13/11).
Dengan tema membangun kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan menuju Diskominfo Bangkit dan Kota Probolinggo Hebat dan Handal. Kepala Diskominfo Pujo Agung Satrio meyakini dengan kerja sama antar pegawai dapat menggerakkan potensi sumber daya manusianya. “Apa yang sudah dikerjakan selama ini tanpa bantuan dari teman-teman sekalian tidak mungkin bisa terwujud,” ucapnya.
Pujo
menjelaskan giat ini sebagai sarana membangun kebersamaan atau team
work yang solid diantara keluarga besar Diskominfo. “Selanjutnya,
mempererat hubungan hubungan antara karyawan-karyawati yang ada di
Diskominfo, sebagai sarana untuk menemukan ide dan inspirasi baru dan
peningkatan kinerja dan pelayanan secara maksimal yang lebih optimal,”
terangnya.
Sebagai dinas teknis yang bergerak di bidang teknologi dan informasi, Diskominfo siap menyongsong tahun 2023 dengan ASN BerAKHLAK dan mewujudkan visi misi Wali Kota Probolinggo. Tekad lainnya adalah mewujudkan smart city Probolinggo melalui PORTAL EMAS (Probolinggo smart digital melayani masyarakat), layanan komunikasi, informasi dan persandian yang mantap, akurat, cepat, mudah dan merata. Kemudian tersedianya jaringan intranet dan internet serta keamanan informasi di seluruh lembaga dan masyarakat dan mewujudkan satu data Kota Probolinggo.
Pujo juga menjelaskan tahun 2023 dinasnya akan mengalami perubahan kelembagaan dengan meleburnya empat bidang menjadi dua bidang. Yakni, bidang Pengelolaan Komunikasi Publik dan Pengelolaan Informasi Publik menjadi Bidang Informasi Komunikasi Publik. Sedangkan bidang E Government dan bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) menjadi bidang Aptika.
Sementara
itu, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin didampingi Pelaksana Harian
Sekda Budiono Wirawan dan narasumber dari Synergy Education Learning
Malang Dedy Marquiz membuka acara mengungkapkan rasa apresiasinya atas
konsep dan semangat yang digelar dalam pelaksanaan bimtek ini.
Menurutnya, dengan konsep dan semangat itu membutuhkan kekompakan atas SDM yang hebat dan handal. Ia menekankan pada Diskominfo untuk dapat mempublikasikan segala informasi dan kegiatan pemerintah daerah dengan cepat, tepat dan akurat.
“Karena informasi teknologi sekarang luar biasa sehingga kita tidak bisa mengimbangi isu atau opini yang berkembang di luar. Apa saja yang kita lakukan tidak bisa tersaji faktual kepada masyarakat. Masyarakat butuh seperti itu dan tentunya kita harus memahami batasan-batasan apa yang harus dilakukan. Karena kita harus peka dan harus cepat. Tak hanya itu, SOP di dalam mengambil keputusan juga harus fleksibel,” titahnya.
Ia
berharap Diskominfo dapat memiliki sumber daya yang hebat dan handal
sesuai dengan bidangnya. “Karena selama ini Kominfo luar biasa, aktif
semuanya dan tentunya kita harus bisa melakukan suatu langkah kedepan
bersama. Sehingga bisa mengembangkan apa yang menjadi tantangan kita ke
depan. Yang dibutuhkan adalah kerja sama, team work itu penting. Jika
kita mementingkan ego masing-masing, sampai kapanpun kita tidak
berhasil,” urainya.
Penyebabnya adalah, Habib Hadi meneruskan, kita tidak mau sadar diri atau kita tidak membangun komunikasi atau kita tidak mau melangkah ke depan. Untuk itu, Habib Hadi mengajak peserta bimtek untuk merubah sudut pandang dan mengimplementasikan konsepnya.
“Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan motivasi pada seluruh pegawai Diskominfo, karena Diskominfo yang bisa menunjukkan semacam keterbukaan informasi dan kegiatan atau program pemerintah daerah,” bebernya.
Peserta bimtek mengikuti materi yang menyenangkan dari Synergy Education Learning Malang Dedy Marquiz. Dikemas dengan menarik, interaktif dan penuh motivasi, peserta mendapat banyak informasi dan pengetahuan tentang mengenal diri sendiri serta membangun teamwork yang baik. (DY/fa)