Tim Kampanye WLC Terus Gaungkan #weloveprobolinggo

Tim Kampanye WLC Terus Gaungkan #weloveprobolinggo

MAYANGAN – Kampanye We Love Cities (WLC) tahun 2022 terus digaungkan. Rabu (28/9) pagi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Probolinggo kembali memberikan Sosialisasi Kampanye WLC ke salah satu media daring yg berpusat di Kota Probolinggo, yakni tadatodays.com.

Ya, bersama DKI Jakarta dan Kota Balikpapan, Kota Probolinggo menjadi perwakilan Indonesia sebagai finalis One Planet City Challenge (OPCC) yang digagas oleh World Wide Fund for Nature (WWC), sebuah organisasi internasional yang bergerak di bidang lingkungan.

Kampanye WLC sendiri merupakan sebuah kompetisi persahabatan, kampanye publik melalui media sosial yang mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan dukungannya pada pembangunan kota berkelanjutan, sebagai upaya untuk peduli terhadap lingkungan dan mencegah perubahan iklim.

Tim Kampanye WLC Diskominfo yang dipimpin Kadiskominfo Pujo Agung Satrio disambut Direktur Utama Tadatodays Muslih dan sejumlah tim redaksi. Dalam kesempatan ini, Muslih mengucapkan terima kasih atas kunjungan Diskominfo ke kantornya. Ia juga menjelaskan tentang profil tadatodays. “Saat ini, tadatodays meng-cover wilayah tapal kuda Jawa Timur, dimana Kota Probolinggo menjadi kantor pusatnya,” jelas Muslih.

Dalam kunjungannya, Pujo menyampaikan pihaknya memang menyasar sejumlah media massa di Kota Probolinggo yang menjadi mitra kerja Diskominfo. “Harapannya, media massa yang menjadi wadah komunikasi dan publikasi dapat memberikan dukungan aktif untuk mendukung kampanye #weloveprobolinggo dengan memberikan voting pada Kota Probolinggo dan menyebarluaskan gerakan ini ke masyarakat luas,” tutur Pujo.

Tak hanya itu, Pujo juga berharap bahwa dalam kunjungan ini, tadatodays dapat memberikan masukan positif untuk meningkatkan dukungan pada Kota Probolinggo.

Narasumber sosialisasi Famy Decta Maulida menyampaikan dukungan dapat diberikan pada Kota Probolinggo dengan cara mengunjungi laman www.welovecities.org dan memberikan voting pada Kota Probolinggo. Pada laman ini, masyarakat juga dapat memberikan saran bagi kota favorit untuk mewujudkan pembangunan kota berkelanjutan. Selain itu, masyarakat juga dapat berpartisipasi untuk menggaungkan upaya pencegahan perubahan iklim dengan cara mengikuti akun Facebook dan Instagram dari Pemerintah Kota Probolinggo dan Handal Edukasi.

Setiap harinya, dua akun ini mengunggah sejumlah program dan kegiatan yang telah dilakukan dalam upaya pencegahan perubahan iklim. Masyarakat dapat memberikan like, share, dan komentarnya pada unggahan tersebut dengan menyertakan tagar #WeLoveProbolinggo.

“Dengan membagikan unggahan ini, harapannya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk melakukan aksi peduli lingkungan hingga nantinya menjadi sebuah gerakan masif,” tutur Famy.

Sejumlah masukan positif pun disampaikan oleh jajaran redaksi tadatodays. Seperti yang disampaikan Direktur Multimedia Tadatodays, Imam Wahyudi. Menurutnya, perlu adanya sosialisasi yang lebih masif terkait kampanye ini.

“Pengulangan unggahan (postingan) di media sosial perlu dilakukan agar kampanye ini dapat digaungkan secara lebih masif. Pengulangan dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Selain itu, perlu dipilih seorang duta yang memiliki kecapakan komunikasi untuk memberikan sosialisasi kampanye kepada sejumlah masyarakat,” jelas Yudi, sapaan akrabnya.

Menanggapi sejumlah masukan tersebut, Kadiskominfo Pujo Agung Satrio mengungkapkan pihaknya akan menerima seluruh masukan tersebut sebagai bahan evaluasi lebih lanjut, mengingat kampanye ini masih tersisa sebulan lagi hingga 31 Oktober 2022. (pin/fa)

LINK TERKAIT