Tim Kampanye WLC Terus Gaungkan #weloveprobolinggo
Tim Kampanye WLC Terus Gaungkan #weloveprobolinggo
MAYANGAN – Kampanye We Love Cities (WLC) tahun 2022
terus digaungkan. Rabu (28/9) pagi, Dinas Komunikasi dan Informatika
(Diskominfo) Kota Probolinggo kembali memberikan Sosialisasi Kampanye
WLC ke salah satu media daring yg berpusat di Kota Probolinggo, yakni tadatodays.com.
Ya, bersama DKI Jakarta dan Kota Balikpapan, Kota
Probolinggo menjadi perwakilan Indonesia sebagai finalis One Planet City
Challenge (OPCC) yang digagas oleh World Wide Fund for Nature (WWC),
sebuah organisasi internasional yang bergerak di bidang lingkungan.
Kampanye
WLC sendiri merupakan sebuah kompetisi persahabatan, kampanye publik
melalui media sosial yang mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan
dukungannya pada pembangunan kota berkelanjutan, sebagai upaya untuk
peduli terhadap lingkungan dan mencegah perubahan iklim.
Tim Kampanye WLC Diskominfo yang dipimpin Kadiskominfo Pujo
Agung Satrio disambut Direktur Utama Tadatodays Muslih dan sejumlah tim
redaksi. Dalam kesempatan ini, Muslih mengucapkan terima kasih atas
kunjungan Diskominfo ke kantornya. Ia juga menjelaskan tentang profil
tadatodays. “Saat ini, tadatodays meng-cover wilayah tapal kuda Jawa
Timur, dimana Kota Probolinggo menjadi kantor pusatnya,” jelas Muslih.
Dalam kunjungannya, Pujo menyampaikan pihaknya memang
menyasar sejumlah media massa di Kota Probolinggo yang menjadi mitra
kerja Diskominfo. “Harapannya, media massa yang menjadi wadah komunikasi
dan publikasi dapat memberikan dukungan aktif untuk mendukung kampanye
#weloveprobolinggo dengan memberikan voting pada Kota Probolinggo dan
menyebarluaskan gerakan ini ke masyarakat luas,” tutur Pujo.
Tak hanya itu, Pujo juga berharap bahwa dalam kunjungan
ini, tadatodays dapat memberikan masukan positif untuk meningkatkan
dukungan pada Kota Probolinggo.
Narasumber sosialisasi Famy Decta Maulida menyampaikan
dukungan dapat diberikan pada Kota Probolinggo dengan cara mengunjungi
laman www.welovecities.org dan
memberikan voting pada Kota Probolinggo. Pada laman ini, masyarakat
juga dapat memberikan saran bagi kota favorit untuk mewujudkan
pembangunan kota berkelanjutan. Selain itu, masyarakat juga dapat
berpartisipasi untuk menggaungkan upaya pencegahan perubahan iklim
dengan cara mengikuti akun Facebook dan Instagram dari Pemerintah Kota
Probolinggo dan Handal Edukasi.
Setiap harinya, dua akun ini mengunggah sejumlah program
dan kegiatan yang telah dilakukan dalam upaya pencegahan perubahan
iklim. Masyarakat dapat memberikan like, share, dan komentarnya pada
unggahan tersebut dengan menyertakan tagar #WeLoveProbolinggo.
“Dengan
membagikan unggahan ini, harapannya dapat menjadi inspirasi bagi
masyarakat untuk melakukan aksi peduli lingkungan hingga nantinya
menjadi sebuah gerakan masif,” tutur Famy.
Sejumlah masukan positif pun disampaikan oleh jajaran
redaksi tadatodays. Seperti yang disampaikan Direktur Multimedia
Tadatodays, Imam Wahyudi. Menurutnya, perlu adanya sosialisasi yang
lebih masif terkait kampanye ini.
“Pengulangan unggahan (postingan) di media sosial perlu
dilakukan agar kampanye ini dapat digaungkan secara lebih masif.
Pengulangan dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Selain itu,
perlu dipilih seorang duta yang memiliki kecapakan komunikasi untuk
memberikan sosialisasi kampanye kepada sejumlah masyarakat,” jelas Yudi,
sapaan akrabnya.
Menanggapi sejumlah masukan tersebut, Kadiskominfo Pujo
Agung Satrio mengungkapkan pihaknya akan menerima seluruh masukan
tersebut sebagai bahan evaluasi lebih lanjut, mengingat kampanye ini
masih tersisa sebulan lagi hingga 31 Oktober 2022. (pin/fa)